38 Anggota Saber Pungli Dikukuhkan

Depoliticanews – Sebanyak 38 Anggota Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) Kabupaten Jombang dikukuhkan Bupati Nyono Suharli, Senin (30/1/2017). Dalam pengukuhan yang dihadiri Camat se-Kabupaten Jombang itu, Nyono membeberkan bahwa anggota saber pungli ada dari beberapa unsur intansi.

Beberapa anggota Saber Pungli diantaranya dari unsur Polri (Polres Jombang, red), Kejaksaan (Kejaksaan Negeri Jombang) serta Intansi Pemerintah. “Semua unsur kita libatkan untuk bisa melakukan tugasnya dengan baik,” ujar Nyono saat ditemui usai mengukuhkan Anggota Saber Pungli di Pendopo Kabupaten Jombang.

Dengan menyematkan rompi bertuliskan Satgas (Satuan Tugas) Pemberantasan Pungli Kabupaten Jombang, pihaknya juga membeberkan visi misi terkait tim Saber Pungli yang dibentuk untuk memberantas pungli yang ada di Kabupaten Jombang.

Beberapa diantaranya, lanjut Nyono, terkait pungli pada instansi pelayanan pemerintah. Menurutnya, dalam intansi yang berhadapan langsung dengan masyarakat, banyak menjadi sarang pungli oleh oknum tak bertanggung jawab.

“Intansi pelayanan masyarakat akan menjadi prioritas oleh tim Saber Pungli. Sebab disitu banyak kerawanan adanya pungutan liar yang dilakukan oknum-oknum,” terang Nyono.

Meski begitu, hingga saat ini dirinya belum menerima laporan dari Satgas Pemberantasan Pungli tentang adanya temuan pungli di Kota Santri. “Yang jelas, saat ini kita masih melakukan sosialisasi dan juga pencegahan adanya pungli. Jika satu dua hari nanti ditemukan pungli, maka akan ditindak tegas,” pungkasnya. (Amr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *