Achmad Djuned Akan Bawa DPR Jadi Parlemen Modern

Depoliticanews – Achmad Djuned Sekretaris Jendral DPR RI baru saja dilantik menggantikan Winantuningtyastiti Swasanani yang sudah pensiun.

Dalam meningkatkan kinerja DPR RI, Djuned akan membawa DPR menjadi parlemen modern yang transparan.
“Kita akan menuju parlemen modern. Kita sudah melakukan penataan-penataan organisasi yang diupayakan dalam rangka menuju parlemen modern. Transparansi kita sudah lakukan. Saya kira untuk dewan sudah terbuka sekali bahwa semua kegiatan , perdebatan dan semua rapat-rapat komisi dilakukan secara terbuka , masyarakat sudah bisa mengakses secara langsung,” ujar Achmad Djuned di Media Centre DPR RI usai dilantik, Kamis (23/3).
Djuned menjelaskan, kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh dewan dan keputusan-keputusannya, masyarakat juga akan bisa mengaksesnya.
“Saya kira hal yang seperti itu yang diinginkan oleh masyarakat, hanya masalah kecepatan mengakses saja , apakah langsung perdebatan yang dilakukan di DPR, itu bisa langsung diakses dengan cepat, ini yang belum kita laksanakan, dan ini menjadi masalah dan nantinya akan kita kaji kembali, kira-kira harapan kita, obsesi kita berapa lama, sehingga konstituen ataupun masyarakat tahu apa yang di lakukan oleh wakilnya , apa yang dilakukan oleh partai yang didukung oleh masyarakat itu,” kata dia.‎
Selain itu, kata Djuned, laman (website) anggota DPR juga sudah dibuat, sehingga tidak hanya laman DPR saja. Laman anggota dibuat agar konstituen bisa berinteraksi langsung dengan wakilnya tersebut.
“Saya kira sudah tahu bahwa sekarang ada web DPR, dan kita sedang melaksanakan juga Web untuk anggota DPR, jadi bukan hanya web DPR saja, walaupun anggota DPR belum seluruhnya memanfaatkan. Kenapa web anggota ini muncul, agar konstituen tahu kegiatan-kegiatan apa saja yang dlakukan oleh anggota DPR dan juga masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan anggota DPR, baik anggota DPR ketika di Senayan maupun ketika di daerah konstituen atau berada di luar kota lainnya,” kata Djuned.
Selain laman (Website), Sekretariat Jendral (Setjen) DPR RI juga mengembangkan TV Parlemen dari sisi sarananya dan dari sisi Sumber Daya Manusianya.
Untuk SDM, kata Djuned, sedang dilakukan rekrutmen karena harus disadari dengan adanya kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan moratorium, Setjen kesulitan untuk mendapatkan SDM. (Amr)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *