Barcelona & Real Madrid Belum Tentu Juara Jika Main di Liga Inggris!

Depoliticanews – Barcelona dan Real Madrid belum tentu bisa juara jika harus bermain di Liga Inggris. Demikian menurut Jurgen Klopp, manajer Liverpool. Intensitas persaingan yang sangat tinggi di Premier League, dengan bertaburnya klub-klub hebat dan banyaknya ketidakpastian hasil, diyakini Klopp bakal membuat dua tim raksasa yang mendominasi Liga Spanyol itu, kesulitan jika harus masuk ke kompetisi Inggris.

Dalam delapan musim terakhir, Barcelona meraih enam gelar di Liga Spanyol. Rival mereka juga nyaris selalu sama, Real Madrid, kecuali Atletico Madrid pada musim 2013/2014. Tidak sedikit yang menyebut, dengan kualitas yang dimiliki Barca, juga Madrid, kedua tim ini bakal melaju mulus di kompetisi apapun, termasuk Premier League.

Namun Jurgen Klopp memiliki pendapat lain. Ia merasakan sendiri perbedaan level persaingan Liga Inggris dibandingkan liga-liga lain. Saat di Bundesliga, Klopp mmapu memberikan dua gelar juara liga kepada Borussia Dortmund secara beruntun. Kemudian, ia juga selalu membimbing BVB di kursi runner-up setelahnya, kecuali di musim terakhir.

Namun, saat menangani Liverpool, semua serba lain. Musim lalu Klopp sempat hancur-hancuran; dan musim ini, meski The Reds menjalani putaran pertama yang spektakuler, nyatanya kini mereka ada di peringkat ketiga; kalah bersaing dengan Chelsea dan Tottenham Hotspur.

Soal ini, Klopp mengatakan kepada Marca, “Bahkan tim besar Spanyol, akan sulit memenangi Premier League. Tentu saja Madrid dan Barca akan bertarung untuk segalanya (di Liga Inggris), tapi (soal juara), hal itu bakal sangat sulit.”

“Di Premier League tidak ada yang pasti. Intensitas sangat tinggi dan banyak hal bisa terjadi dalam pertandingan. Tidak ada satu laga pun kala Anda bisa menang 4-0 dengan nyaman, sembari tetap mencadangkan starting XI utama anda. Hal ini juga tidak mungkin dilakukan di Bundesliga, kecuali oleh Bayern Munchen.”

Menurut Klopp, persaingan di Liga Inggris memang berbeda dibandingkan kompetisi kebanyakan. Sang pemenang tidak bisa berjalan begitu saja ketika menemui tim yang lemah sekalipun. Dan Klopp menjamin, bukan cuma dia yang merasakan beratnya persaingan. Pep Guardiola, yang begitu superior di Liga Spanyol dan Jerman, merasakan hal ini.

“Chelsea mengalami musim yang hebat tapi ada banyak pertandingan kala mereka cuma menang 1-0, dan lantas bertahan sampai menit terakhir (untuk mengamankan kemenangan itu). Saya sudah bertarung di dua liga (Jerman dan Inggris); dan saya dapat berkata, kompetisi yang satu ini (Liga Inggris) ini benar-benar tangguh. Tanyakan pada Pep [Guardiola], dan dia akan mengatakan hal yang sama!”




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *