Bibiana Steinhaus Jadi Wasit Wanita Pertama di Bundesliga Musim Depan

Depoliticanews – Bibiana Steinhaus akan menjadi wasit wanita pertama di Bundesliga musim depan. Sosok berusia 38 tahun tersebut sebelumnya sudah berpartisipasi memimpin pertandingan di 2.Bundesliga sejak 2007. Dan kini setelah menunggu satu dasawarsa, Steinhaus bisa saja menjadi pengadil lapangan untuk laga-laga tim selevel Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Schalke 04, atau Bayer Leverkusen.

DFB, asosiasi sepakbola Jerman mengumumkan bahwa Bibiana Steinhaus akan memulai petualangan berbeda itu pada musim 2017/2018. Jelas sebuah terobosan yang sangat berani, tetapi juga cukup wajar jika melihat kinerja Steinhaus selama ini. Sejak menjadi wasit internasional pada 2005, Steinhaus sudah ditunjuk memimpin sekian pertandingan penting.

Misalnya, final Piala Dunia wanita 2011 lalu. Steinhaus juga unjuk kebolehan di Olimpiade 2012. Dan musim ini, sang wasit juga akan memimpin pertandingan final Liga Champions Wanita antara Lyon vs Paris Saint Germain pada 1 Juni mendatang.

Tentang penunjukannya sebagai wasit Bundesliga musim depan, Bibiana Steinhaus menuturkan, “(Pimpinan Wasit) Lutz Michael Frohlich dan timnya terus-menerus berkontak dengan kami para wasit. Karena itulah saya tidak terkejut ketika ia menelepon saya pada hari Rabu lalu.

“Ketika dia memberi tahu saya melalui telepon tentang keputusan komisi wasit (yang menunjuk sebagai wasit Bundesliga musim depan), saya tidak bisa berkata apa-apa.”

Bibiana Steinhaus Jadi Wasit Wanita Pertama di Bundesliga Musim Depan 2

Bibiana Steinhaus punya pengalaman kurang menyenangkan. Dahulu dalam laga Hertha Berlin vs Alemania Aachen, dadanya secara tidak sengaja disentuh bek Hertha kala itu,Peter Niemeyer. Gara-garanya Niemeyer lupa kalau yang memimpin pertandingan adalah seorang wanita.

Tapi Steinhaus tidak trauma dnegan hal tersebut. Katanya, “Selalu menjadi idaman saya untuk menjadi wasit di Bundesliga. Mimpi yang menjadi kenyataan ini sekarang memenuhi hati saya dengan kegembiraan alamiah. Di satu sisi, ini adalah konfirmasi dari kerja keras yang saya lakukan selama ini. Dan di sisi lain, ini juga merupakan dorongan besar agar saya terus bekerja.”

“Saya benar-benar menantikan tugas yang sudah menunggu di depan mata. Pastinya, sebagai wasit, saya mendapat sorotan khusus di awal musim. Saya berharap bahwa perkembangan yang terjadi ini juga akan memberi dampak positif pada pendatang baru (wasit perempuan di Bundesliga), atau mereka yang ingin menjadi salah satu dari kami.”

Bibiana Steinhaus Jadi Wasit Wanita Pertama di Bundesliga Musim Depan




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *