Bupati Minta Jombang Beristighatsah Diadakan Setiap Bulan

Depoliticanews – Polres Jombang bersama Forkompimda, ulama/kiai, tiga pilar dan tokoh masyarakat setempat gelar istighatsah, Selasa malam (7/2/17) di halaman Mapolres Jombang. Kegiatan serupa juga digelar beberapa hari sebelumnya.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu cara untuk menjaga serta meningkatkan ukhuwah basyariyah dan ukhuwah wathoniyah antar kepolisian, Forkompimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), para kiai, tiga pilar dan tokoh masyarakat Jombang. Disamping itu juga sebagai media dalam menjaga kekondusifan masyarakat Jombang.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Wakapolres Jombang Kompol Hendriyana dan jajaran kepolisian setempat, perwakilan TNI, Ketua DPRD Joko Triono, Ketua PCNU KH Isrofil Amar, beberapa kiai dan tokoh masyarakat di Jombang, Ketua PC GP Ansor H Zulfikar Damam Ikhwanto juga jajaran pengurus Ansor lainnya dan puluhan Banser dengan seragam khasnya tampak penuhi area kegiatan.

Sebelum digelar istighatsah, jajaran Polres terlebih dahulu membacakan sholawat diiringi dengan musik banjari di panggung yang sudah disediakan. Kemudian kegiatan dibuka dengan acara seremonial pembacaan ayat Al-Quran, istighatsah bersama dan sambutan-sambutan, terakhir penutup doa.

Wakapolres Hendriyana dalam sambutannya mengajak kepada para kiai, dan seluruh tokoh masyarakat di Kota Santri itu untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi yang kondusif di tengah-tengah terjadinya persoalan keyakinan yang beragam, sikap intoleransi dan sikap serupa lainnya.

“Mari bersama- sama para ulama, kiai serta tokoh masyarakat di Jombang untuk tetap saling menjaga Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang kondusif,” ujarnya.

Sementara itu, Nyono Suharli Wihandoko mengimbau kegiatan Jombang beristighatsah ini agar dilakukan secara istiqomah. “Kami berharap kegiatan ini bisa digelar dengan istiqomah dalam setiap bulannya, insya Allah saya akan terus hadir,” kata bupati.

Ia juga meminta kegiatan itu juga bisa dilakukan di setiap kecamatan di Jombang. “Akan semakin baik, ketika kegiatan Jombang beristighatsah ini juga bisa dilakukan pihak kepolisian di tingkat kecamatan,” pintanya.

Lebih jauh Ketua PCNU Jombang KH Isrofil Amar menyampaikan, PCNU terbuka menjalin kerjasama dengan pihak manapun, termasuk kepolisian selama kerjasama itu untuk kepentingan masyarakat, dan tegaknya NKRI.

“Pihak manapun ingin bekerjasama dengan PCNU, monggo. Selama itu untuk kepentingan masyarakat atau umat dan keutuhan Negara Republik Indonesia,” ucapnya

Sedangkan H.Zulfikar Ketua GP Ansor Jombang berharap dengan Jombang Beristiqotsah ini dapat meningkatkan ukhuwah, sehingga mampu menggapai Jombang yg kondusif dan sejahtera. “Ukhuwah antara ulama dan umaro’, Ukhuwah antara jam’iyyah NU dengan TNI dan Polri, Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah basyariyah dan ukhuwah wathoniyah,” harapnya. (Amr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *