Hasil Final Piala Dunia U20: Venezuela vs Inggris 0-1, The Young Lions Juara!

Hasil Final Piala Dunia U20 2017 antara Venezuela vs Inggris berakhir dengan skor 0-1 di Suwon World Cup Stadium, Minggu (11/6). Skor Venezuela vs Inggris ini secara resmi membawa The Young Lions keluar sebagai yang terbaik di turnamen tahun ini dan mereka harus berterima kasih pada gol tunggal Dominic Calvert-Lewin selain juga aksi Freddie Woodman yang menepis sepakan penalti Adalberto Penaranda.

Inggris langsung memulai parade serangannya ke pertahanan Venezuela sejak awal laga ini dimulai. Solanke sempat mendapatkan satu kans emas ketika sudah berhadapan dengan Farinez namun bola tembakannya masih bisa dibendung kiper Venezuela tersebut. Berikutnya, nama yang sama kembali membuang satu peluang sebelum diikuti sebuah penyelesaian yang tidak terlalu bagus dari Calvert-Lewin.

Venezuela sendiri tak tinggal diam karena mereka nyaris saja mendapatkan keuntungan melalui tembakan Pena yang sayangnya masih melambung diatas gawang Woodman. Beberapa saat kemudian serangan balik dari Inggris hampir berbuah gol ketika tembakan Lookman ditepis Farinez dan tak lama berselang sebuah gol indah nyaris lahir lewat tendangan bebas Lucena dari tengah lapangan yang masih membentur tiang gawang Inggris.

Kelengahan pertahanan Venezuela harus dibayar mahal ketika Dominic Calvert-Lewin sukses memenangi duel udara dengan Ferraresi untuk kemudian melihat tembakannya ditepis Farinez. Namun pemain Everton itu bergerak cepat menyambar bola rebound dan sukses membawa Inggris unggul 0-1. Tak lama kemudian, Venezuela berpeluang menyamakan kedudukan andai tembakan bebas Penaranda tak melebar tipis dari gawang Woodman.

Memasuki babak kedua, Venezuela bermain semakin menekan dan mencoba mencari gol cepat guna menyamakan kedudukan. Masuknya Soteldo memberikan efek instan pada permainan anak asuh Rafael Dudamel dimana ia sempat mengkreasi sebuah peluang lewat umpan terobosan ke sisi kanan. Disana Cordova sudah berhadapan dengan Woodman namun bola bisa dihalau sang kiper. Akan menjadi berbeda andaikan Cordova mau memberikan umpan pada Penaranda saat itu.

Beberapa menit kemudian giliran Herrera yang memaksa Woodman jatuh bangun ketika ada tandukan keras dari kapten Venezuela tersebut. Sementara Inggris yang terus tertekan nyaris saja menambah keunggulan saat tendangan jarak jauh Onomah masih membentur mistar gawang Inggris dan pantulan bola masih menjauh dari gawang Farinez.

Peluang emas Venezuela untuk menyamakan skor lahir di menit 74 ketika Penaranda dijatuhkan oleh Clarke-Salter di kotak penalti. Wasit langsung menunjuk titik putih namun sayangnya eksekusi Penaranda masih bisa dibaca oleh Woodman dengan cermat. Sangat disayangkan memang karena Penaranda sudah berjuang sangat keras selama babak kedua ini untuk membawa timnya keluar dari ketertinggalan ini.

Sisa waktu yang tidak banyak coba dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Venezuela. Sayangnya, malah mereka yang tertekan karena serangan dari Maitland-Niles dan Calvert-Lewin sebelum Inggris nyaris kebobolan dari gol bunuh diri Clarke-Salter yang untungnya bola masih bisa diamankan Woodman. Tak ada gol lagi yang tercipta dan Inggris resmi menjadi juara Piala Dunia U20 tahun 2017 ini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *