Hindari Longsor, Bupati dan Warga Mojowarno Tanam Lima Ribu Pohon

Depoliticanews – Bersama warga dan para pelajar Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko tanam lima ribu pohon.  Lokasi penanaman pohon dipusatkan di Wana Wisata Sumberboto yakni sepanjang jalan masuk hingga area wisata yang terkenal dengan pemandiannya tersebut.

“Semoga pohon pohon yang ditanam disini nantinya bisa mencegah adanya erosi apabila musim penghujan, sehingga menghindarkan masyarakat sekitar dari musibah longsor,” harap Bupati Nyono usai menanam Pohon Mahoni, Jumat (20/1/17)  pagi. Sumberboto, menurut Bupati Nyono termasuk dataran tinggi , oleh sebab itu sangat tepat apabila penanaman pohon dilakukan di lokasi tersebut.

Sebelum dilakukan penanaman pohon, kegiatan pagi itu dibuka dengan acara jalan sehat yang diikuti ribuan peserta yakni warga dan pelajar setempat, yang diberangkatkan oleh Bupati Nyono. Selain jalan sehat dan menanam ribuan pohon, Bupati juga menyempatkan untuk menebar ikan koi di kolam Sendang Pangkat.

Bupati Nyono berharap kegiatan tanam pohon yang dilakukan di Desa japanan tersebut dapat diikuti desa yang lain. Karena menurutnya pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan.  “Kalau di Japanan saja ditanam lima ribu pohon, se Kabupaten Jombang ada 306 Desa anda bisa menghitung berapa juta pohon yang tertanam, itu akan sangat bermanfaat bagi anak cucu kita kelak,” harap Bupati.

Sesuai tema kegiatan yakni pohon dan hutan rakyat, untuk kehidupan, kesejahteraan dan devisa negara, Bupati Nyono mengatakan Pemkab Jombang akan terus melibatkan masyarakat dalam pengembangan hutan rakyat dan tanaman perkebunan yang berkayu. “Kami yakin kedepan, hal ini mampu menggerakkan perekonomian di pedesaan berbasis kehutanan,” jelasnya. Sementara, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Jombang, Ilham Hero Koentjoro mengatakan, pihaknya menyediakan lebih dari 1 juta bibit pohon dalam pencanangan aksi tanam pohon ini. “Bibit-bibit pohon tersebut juga hasil sumbangan dari berbagai pihak disediakan gratis untuk masyarakat Kabupaten Jombang yang ingin menanam pohon,” jelasnya. Sedangkan untuk sasaran penanaman pohon, lanjut Ilham, adalah tanggul-tanggul sungai, tepi jalan, lahan kritis, lahan tidak produktif serta lahan kosong.

Samsun, Camat Mojowarno mengatakan sebelumnya warga Japanan sudah mengawali menanam ribuan pohon, tidak hanya pohon peneduh seperti pohon mahoni warga juga menanam pohon yang dapat menghasilkan seperti pohon belimbing. “Di Mojowarno belimbing sudah dibudidayakan, jadi agar bermanfaat dari sisi ekonomis , warga juga menanam ribuan pohon belimbing,” ungkapnya. (Amr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *