Ingin Jadi Kota Sehat, Mojokerto Belajar ke Kediri

Depoliticanews – Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu HS menerima kunjungan study banding pengembangan kota sehat Sekretaris Pemerintah Kota Mojokerto Mas Agoes Nirbito dan rombongan, di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri, Rabu (22/2).

Budwi Sunu dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kunjungan tersebut dengan harapan bisa terus mempererat hubungan silahturahmi. Secara singkat Budwi juga menyampaikan secara singkat tentang Kota Kediri, visi dan misi berbagai program pembangunan salah satu diantaranya adalah Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas). Prodamas menjadi salah satu program unggulan Kota Kediri untuk mengakomodir lingkungan paling kecil yaitu RT, Kegiatan direncanakan oleh masyarakat dan dilaksanakan bersama masyarakat. Sedangkan apabila ada program usulan masyrakat yang tidak bisa dibiayai oleh dana prodamas maka akan diusulkan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).
Selain itu Budwi juga menjelaskan terkait tentang pengembangan Kota Kediri sehat, dimana Kota Kediri pernah meraih penghargaan Swasti Saba Wistara. Dimana penghargaan ini menandakan permukiman, sarana dan prasarana umum di Kota Kediri baik dan penghargaan tersebut tidak lepas dari peran masyarakat dan SKPD terkait. “Kota Kediri didalam mencerminkan  kota sehat, bukan semata-mata karna lomba, tetapi memang untuk menciptakan Kota Kediri sehat”, ujarnya.

Sekda Kota Mojokerto Mas Agoes Nirbito  mengatakan, kedatangan ke Kota Kediri bukan sekedar kunjungan, melainkan untuk  menimba ilmu ke Pemkot Kediri khususnya terkait program pengembangan kota kesehatan mulai trik untuk mendapatkan suatu penilaian yang terbaik hingga hambatan yang telah dilalui Pemkot Kediri hingga mendapatkan penghargaan. “Disini kita datang dengan tujuan bukan study banding tetapi study tiru, dimana kita memiliki slogan 3 M : mengimbangi, meniru dan menambah,” pungkasnya. (Amr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *