Jose Mourinho Punya Rekor Sempurna Di Final Kompetisi Eropa

Depoliticanews – Jose Mourinho memiliki rekor sempurna di final kompetisi Eropa. Sampai saat ini, dalam empat percobaan The Special One di partai puncak, ia selalu berhasil. Ini termasuk dengan kejadian mutakhir, kala Mourinho sukses membawa Manchester United mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 0-2 pada Kamis, 25 Mei 2017.

Dengan kemenangan di final Liga Europa, tercatat Jose Mourinho sudah memiliki empat trofi kompetisi Eropa dengan tiga tim berbeda. Uniknya ia mendapatkan dua trofi Liga Champions, dan dua trofi Liga Europa, meski ketika ia menang bersama Porto, kompetisinya masih bernama Piala UEFA.

Rekor sempurna Jose Mourinho dimulai dari ketika ia meluncur ke final Piala UEFA 2002/2003. Di sana Porto bertemu dengan Glasgow Celtic. Tim asuhan sang pelatih Portugal mampu menang dengan skor 2-3. Selang setahun, keajaiban Mou berlanjut ke Liga Champions. Kala itu final mempertemukan dua tim kejutan. Mourinho masih bersama Porto, untuk melumat Monaco tiga gol tanpa balas.

Selang enam tahun, barulah Jose Mourinho sekali lagi menembus final Liga Champions. Kali ini dengan tim yang sama sekali berbeda, Inter Milan. Di partai puncak, wakil Liga Italia itu membenamkan Bayern Munchen 2-0 dan melengkapi musim tersebut dengan dua gelar tambahan, Serie A serta Coppa Italia. Jadilah, Mou merasakan treble.

Tujuh tahun berlalu, Jose Mourinho yang disangka sekarat, masih sangat sakti. Ia membawa Manchester United, tim ketiga, ke final Liga Europa. Setan Merah sukses mematikan semua kemampuan Ajax Amsterdam untuk menang dengan skor 0-2. Jadilah, empat final bagi Mourinho, bermakna empat gelar. Dan lagi-lagi, tahun ini ia merasakan treble, meski agak berbeda karena MU ‘cuma’ meraih Community Shield dan EFL Cup.

Berikut ini daftar partai final kompetisi Eropa yang dilalui Jose Mourinho.

2002/03 (Piala UEFA): Celtic 2-3 Porto

2003/04 (Liga Champions): AS Monaco 0-3 Porto

2009/10 (Liga Champions): Bayern Munchen 0-2 Inter Milan

2016/17 (Liga Europa): Ajax 0-2 Manchester United(sta)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *