Kelola Keuangan Sangat Baik, Jombang Raih Penghargaan Dana Rakca

Depoliticanews – Kabupaten Jombang kembali meraih sebuah penghargaan bergengsi tingkat nasional. Kali ini adalah penghargaan Dana Rakca Tahun 2016. Penghargaan Anugerah Dana Rakca 2016 diberikan Kementerian Keuangan Republik Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Jombang, setelah Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan RI melihat kinerja Pemkab Jombang sangat baik dalam pengelolaan Keuangan daerah dan dinilai berprestasi.

Indikatornya adalah opini WTP pengesahan APBD tepat Waktu, disamping pengendalian dan pengelolaan keuangan daerah serta pelayanan dan ekonomi yang baik.

Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab dari Menteri Koordinator Perekonomian RI, Darmin Nasution di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan RI di Jakarta Pusat, Rabu (7/12/16).

Bupati Nyono Suharli mengaku keberhasilan Kabupaten Jombang menerima Anugerah Dana Rakca 2016 tidak terlepas dari kinerja jajaran Pemkab Jombang serta para pihak terkait selama ini.

“Tentu saja penghargaan ini tidak datang serta merta, ada kerja keras banyak pihak, selain jajaran eksekutif, peran lembaga legislatif daerah sangat besar, juga para pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Nyono mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah, tidak saja sebagai indikator untuk mendapatkan penghargaan Dana Rakca, tapi juga sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah.

“Kedepan kinerja pengelolaan keuangan daerah akan kita tingkatkan terus, bukan semata untuk dapat penghargaan, tapi juga bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat,” tandasnya.

Penghargaan Anugerah Dana Rakca 2016  memperpanjang daftar capaian prestasi Kabupaten Jombang dibawah kepemimpinan Nyono Suharli Wihandoko. Seperti diketahui, sepanjang tahun 2016 lalu, Jombang telah menerima dua penghargaan tingkat Nasional dari Pemerintah pusat, yaitu Predikat Wajar Tanpa Pengecualian dan Piagam Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (Amr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *