Ketua Perwosi Beri Motivasi Atlit Renang Difabel

Depoliticanews – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM yang juga Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Jombang, didampingi Ketua KONI, Ketua Pengkab PRSI dan Pengurus  National Paralimpic Commitee  (NPC)  organisasi penyandang cacat Jombang pada Senin (24/7) sore memberikan motivasi para atlit renang yang tengah berlatih, termasuk atlit renang difabel.

 

“Alhamdulillah, luar biasa semangat kalian dalam berlatih,” tutur Tjaturina Wihandoko saat melihat para atlit berlatih. Apalagi melihat Silvi Olivia, atlit renang difabel yang dengan penuh percaya diri berlatih bersama dengan teman-temannya yang lain. “Masa depan prestasi kalian akan cemerlang jika giat dan disiplin berlatih. Dukungan orang tua juga pelatih kalian sangat luar biasa,” tandas istri Bupati Jombang Nyono Suharli ini.

 

Apalagi ada atlit yang berasal dari Kabuh, yang setiap latihan selalu diantar Ibundanya. Jarak rumah ke tempat latihan bukan menjadi penghalang. Demikian juga semangat Silvi, keterbatasan fisiknya bukan menjadi penghalang untuk maju dan berprestasi. “Kalian pasti akan menjadi atlit yang membanggakan orangtua, bangsa dan Negara,” tutur Tjaturina Wihandoko.

 

Sinergitas yang baik dari Pemerintah Kabupaten, dalam hal ini Dispora, KONI dan PRSI juga NPC yang saat ini tengah mempersiapkan satu atletnya untuk mengikuti kejurnas November mendatang. Satu atlet tersebut yakni Silvi Olivia gadis manis yang menjadi korban kecelakaan saat berlatih Paskibraka di Mojowarno tahun lalu.

 

Sodikul Amin, ketua NPC Jombang mengatakan, dirinya sengaja kembali menurunkan Silvi Olivia mengikuti kejuaraan bukan tanpa alasan. Dikarenakan, Silvi mempunyai kemampuan berenang cukup baik. Terlebih lagi, sebelum mengalami kecelakan Silvi juga pernah menjadi atlet renang.

 

Akan tetapi, meski begitu dirinya sudah bisa menyaingi atlet NPC yang sudah berpengalaman. Itu, terbukti dirinya bisa meraih medali perak saat mengikuti kejurnas di Surabaya tahun lalu. Padahal, kejuaraan itu baru pertama diikutinya dengan kondisi fisik satu kaki. ”Tidak hanya saya yang kagum dengan Silvi,  Pengprov Jatim Juga sangat kagum dengannya,” imbuhnya.

 

Menurutnya, Silvi mempunyai semangat yang cukup tinggi. Selain itu, perjuangaan dirinya untuk bisa menang juga sangat besar. Sehingga meski belum pernah mengikuti kejuraan, dirinya bisa mengalahkan perenang lain. ”Maka dari itu, kami turunkan kembali Silvi,” katanya.

Tidak hanya itu, Silvi ini juga  akan diproyeksikan mengikuti PON 2020 nantinya. Sehingga ajang kejurnas ini akan menjadi tolak ukur kemampuan Silvi mengikuti kejuaraan.

Sementara itu, Silvi mengatakan, dirinya sangat senang bisa kembali berlatih renang. Terlebih lagi saat ini dirinya mendapat dukungan sepenuhnya dari orang tuanya juga motivasi dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang. Sehingga dirinya lebih bersemangat mengikuti latihan. Dalam waktu dekat para atlit renang juga akan mengikuti kejuaraan renang antar Pelajar se Kabupaten Jombang, memperebutkan Bupati Cup dan KONI Cup pada Minggu 13 Agustus 2017 di Kolam Renang Rejoagung Ploso. (Amr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *