Perokok Wanita Bisa Alami Menopause Lebih Dini 4 Tahun

Depoliticanews – Kabar buruk buat perokok wanita, sebab studi terbaru mengungkap bahwa menopause bisa mereka alami lebih cepat 4 tahun dibanding wanita bukan perokok. Ini tentu mengerikan, dan tidak diharapkan oleh mayoritas kaum hawa.

Kebiasaan merokok mempengaruhi siklus menstruasi, demikian ditulis oleh American Society of Reproductive Medicine. Sayangnya hanya sedikit wanita yang paham dan menyadari hal itu.

Apalagi jika bukan disebabkan oleh racun pada rokok seperti nikotin, sianida, dan karbon monoksida, yang mempengaruhi produksi sel telur. Jangka panjangnya, produksi sel telur akan berhenti sama sekali dan mati.

Resiko buruk itu dijelaskan oleh Frederick Naftolin, MD, PhD, ob-gyn dari NYU Langone’s school of medicine. Menurutnya, bila sel telur sudah mati dan tak berproduksi lagi, ia tak akan bisa diregenerasi. Akibatnya menopause dini bisa dialami oleh wanita.

Selain kebiasaan merokok yang memicu menopause dini, terlalu berlebihan olahraga juga menyebabkan kondisi itu terjadi.

Penjelasan dari Sherry Ross, M.D dokter obgyn dari Providence Saint John’s Health Center in Santa Monica, olahraga berlebih dapat memicu ketidakseimbangan hormon.

Akibat produksi hormon yang tidak seimbang, maka ovulasi menjadi tidak teratur dan masa haid juga jadi tidak teratur pula. Hal itulah yang menyebabkan menopause dini bisa terjadi, demikian seperti dilansir laman Women’s Health.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *