Piala Kabupaten Layak Anak Kembali Diraih Jombang

Depoliticanews – Konsistensi Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dalam melayani masyarakat Kabupaten Jombang, terutama mengenai perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak, semakin terbukti. Hal ini ditunjukkan dengan diraihnya kembali Piala Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya tahun 2017.

 

Penganugerahan KLA Tingkat Madya kepada Kabupaten Jombang untuk tahun ini bukan yang pertama, tapi sudah kali keempat kalinya secara berturut turut. Piala tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Yohana Susana Yembise di Pekanbaru, Sabtu (22/7) malam kepada Pemerintah Kabupaten Jombang.

 

Pada saat bersamaan Forum anak Jombang juga menerima penghargaan Anugerah Dafa Award 2017 Utama untuk Tingkat Kabupaten/Kota. Bagi Bupati Nyono Suharli, penghargaan keempat KLA tingkat madya merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat atas komitmen pemerintahan daerah untuk terus meningkatkan pemenuhan hak-hak anak sehingga penyelenggaraan pemenuhan hak anak dapat difasilitasi dari segala aspek.

 

“Sekali lagi tujuan utamanya adalah memenuhi seluruh aspek kebutuhan dan perlindungan anak di Kabupaten Jombang. Kami memiliki komitmen kesana. Gelar dan piala yang kami terima adalah bentuk apresiasi. Semoga bisa memacu kita semua,” ujar Bupati Nyono menanggapi keberhasilan berturut-turut menumbuhkan kabupaten yang aman, sehat dan cerdas bagi anak-anak.

 

Kedepan Bupati Nyono berharap, sosialisasi terhadap perlindungan perempuan dan anak ini harus terus digencarkan. Semial di sekolah sekolah, hal ini agar para siswa di sekolah bukan hanya belajar, tetapi bisa menjadikan sekolah yang ramah, baik melalui kegiatan olahraga, kesenian dan lainnya yang mendorong sekolah menjadi ramah.

 

”Kami berharap tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Jombang juga bisa bekerja sama untuk menekan angka kekerasan perempuan dan anak, sehingga tewujudnya Jombang sebagai Kabupaten Layak Anak akan terus berkembang positif,” tukasnya.

 

Sementara itu, Suyoto Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) menjelaskan, keberhasilan Pemkab Jombang meraih penghargaan KLA itu tidak lepas dari peran serta aktif masyarakat dan adanya peraturan daerah (Perda) tentang Perlindungan Perempuan dan Anak yang sudah diterapkan.

 

Seperti adanya Perda tentang pemberian ASI, yakni Ibu yang baru melahirkan wajib memberikan ASI eksklusif pada bayinya hingga usia 6 bulan. Untuk mendukung program pemerintah khususnya terkait anak usia dini, Pemkab Jombang membentuk Forum PAUD. Dengan harapan Forum PAUD Kabupaten Jombang dapat mewujudkan pemberdayaan organisasi anggota forum pengembangan anak usia dini.

 

Ditambahkan Suyoto, banyak sekali hal hal yang melibatkan anak anak dalam program yang diijalankan oleh Pemkab Jombang semisal keterlibatan anak dalam musrenbang, adanya taman ramah anak maupun sekolah ramah anak yang ada di Kabupatn Jombang. “Dan Pemkab sangat mendukung program dari dewan perwakilan anak yang ada di Kabupaten Jombang,”tegasnya.

 

”Keberhasilan ini juga sebagai bentuk komitmen Pemkab Jombang melalui instansi terkait, yang terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya perlindungan perempuan dan anak, sehingga terhindar dari tindak kekerasan,” jelasnya

 

Penghargaan KLA tingkat madya yang kembali diraih Kabupaten Jombang secara langsung membuktikan bahwa wilayah yang dipimpin Bupati Nyono ini telah berperan aktif mewujudkan sustainable development goals (SDGs). Yaitu menjadikan pembangunan Kabupaten yang sehat, aman bencana, inklusi, hijau, cerdas, dan peduli HAM. (Amr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *