Pro Perempuan dan Anak, Jombang Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Depoliticanews – Lagi-lagi Kabupaten Jombang menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2016 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Penghargaan tingkat nasional tersebut, diberikan atas komitmen Pemerintah Kabupaten Jombang dalam mengimplementasikan strategi yang terkait pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Secara simbolis, penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI H Jusuf Kalla didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yambise di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Rabu (21/12/16).

Bupati Nyono Suharli mengatakan, Anugerah Parahita Ekapraya 2016 merupakan salah satu indikator dari keberhasilan pemerintah daerah dalam pelaksanaan program kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, kerja nyata kita kembali diapresiasi pemerintah pusat, kali ini dari program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” ujarnya.

Nyono Suharli menyebut selain sebagai alat ukur atas keberhasilan pencapaian program terhadap masyarakat, penghargaan ini sekaligus hadiah bagi masyarakat Kabupaten Jombang.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terus mendukung program pemerintah daerah sehingga Jombang selalu mendapat prestasi baik di tingkat provinsi maupun Nasional,” ujar Nyono.

 

Dalam hal ini pemberdayaan perempuan anak, Pemerintah Kabupaten Jombang memang sangat komitmen. Hal ini terlihat dari pembangunan taman terbuka hijau sebagai sarana bermain anak,  pendidikan gratis bagi anak usia sekolah, program-program pembangunan yang berupaya mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perlindungan perempuan dan anak, serta terobosan adanya mobil siaga desa.

Selain itu, program lain yang dinilai pro perempuan dan  anak seperti penyediaan pojok Asi, komitmen mewujudkan Kabupaten ASI. Gerakan posyandu holistik integratif  juga merupakan program inovatif yang sangat berpihak kepada perempuan dan anak.

 

Selain itu, Kabupaten Jombang juga dinilai sangat fokus terhadap perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan. Lembaga yang fokus dalam melaksanakan pencegahan, rehabilitasi, pendampingan serta pemberdayaan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan.

Sementara itu, Laily Agustin Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Kabupaten Jombang menyebut Penghargaan ini atas keberhasilan dalam mengevaluasi kecapaian pelaksanaan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) di Kabupaten Jombang.

 

“Penghargaan ini diberikan atas kepedulian pemerintah daerah terhadap pemenuhan hak-hak perempuan dan hak-hak anak. Penilaian atas program ini ditinjau dari berbagai indikator yakni, kebijakan daerah, keuangan pendukung program, penyediaan sarana dan prasarana program,” tandasnya.

 

Sekedar informasi, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada pada Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang dinilai berkomitmen dan mengimplementasikan strategi yang terkait dengan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Selain Kabupaten Jombang, pada tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga meraih penghargaan yang sama. (Amr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *