Timnas Indonesia Dilatih Eks PSG, Luis Fernandez?

Depoliticanews – PSSI memang masih merahasiakan siapa pelatih Timnas Indonesia untuk tahun 2017 ini. Namun, kabar yang santer beredar menyebutkan bahwa PSSI akan menunjuk mantan pemain sekaligus pelatih Paris Saint Germain (PSG), Luis Fernandez, untuk menangani Timnas Indonesia senior dan Timnas U22. Benarkah?

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengelak menjawab pertanyaan terkait Luis Fernandez. Pria asal Ngawi yang juga Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta ini menegaskan bahwa keputusan terkait pelatih Timnas Indonesia akan diumumkan di Kongres Tahunan PSSI pada tanggal 8 Januari 2017 besok.

“Untuk pelatih Timnas Indonesia wewenangnya adalah di Exco PSSI. Jadi besok di kongres tinggal diumumkan saja,” kata Joko Driyono beberapa waktu lalu.

“Planning-nya adalah jangka panjang. Jadi opsi terkuat itu satu pelatih. Karena di 2017 ini, tidak ada event timnas senior, hanya ada 10 FIFA match day itu sangat penting untuk menaikan peringkat,” tambahnya.

Luis Fernandez adalah legenda hidup PSG yang pernah memperkuat klub raksasa Perancis itu pada 1978 hingga 1986 dengan mengemas 225 penampilan dan 30 gol. Selain di PSG, pria asal Spanyol ini juga sempat membela RC Paris dan Cannes.

Karier melatih Luis Fernandez pun cukup mentereng. Ia pernah dua kali menukangi PSG, juga Cannes, Athletic Bilbao, Espanyol, Al-Rayyan, Beitar Jerusalem, Real Betis, dan Reims. Untuk level timnas, pelatih berusia 57 ini pernah menjadi pelatih tim nasional Israel dan terakhir menukangi tim nasional Guinea pada 2016 lalu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *