Valentino Rossi Gagal Podium di Mugello Karena Masalah Ini

Depoliticanews – Valentino Rossi gagal podium di GP Italia 2017 meski sempat memimpin balapan; dan cukup lama berada di tiga besar. Kenyataannya, ia harus mengakui keunggulan Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Danilo Petrucci yang berhasil meraih tiga besar. Usut punya usut, The Doctor tidak punya cukup energi untuk berpesta dalam balapan kandangnya; terkait cedera yang diderita.

Di Mugello pada Minggu (4/6), Valentino Rossi memang tidak membalap seperti biasa. Ia datang dalam kondisi fisik yang tidak fit, setelah mengalami kecelakaan motorcross pekan lalu. Ada masalah di bagian dada dan perut sang pebalap Italia. Usaha maksimalnya adalah peringkat kedua dalam seri kualifikasi, di bawah Vinales. Namun kala dibawa ke dalam lomba, faktanya Rossi tak cukup tangguh.

Katanya dikutip dari Motorsport.com, “Pastinya sangat mengecewakan (gagal) podium, karena hal itu selalu menjadi target. Di Mugello (mendapatkan podium) ini lebih penting (mengingat saya membalap) di depan keriuhan penonton (Italia).”

“Sejujurnya, saya percaya saya bisa melakukannya (mendapatkan podium) karena dalam sesi latihan bebas saya cepat. (Memang) Saya tahu (membalap dalam) 23 lap akan sulit, karena saya menderita lebih dari biasa (karena cedera). Dalam sesi latihan bebas, setelah melakukan empat atau lima putaran,  Anda bisa memulihkan diri. Tapi, melaju dalam sekian lap beruntun, lebih sulit.”

Valentino Rossi Gagal Podium di Mugello Karena Masalah Ini (1)

Delapan lap sebelum akhir, saya sudah ‘selesai’ dan mulai semakin menderita.

Faktanya, motor Desmosedici milik Ducati tampak superior di Mugello. Pasalnya, di podium, ada nama Andrea Dovizioso (Ducati) dan Danilo Petrucci (Pramac) yang sama-sama menggeber motor ini. Namun menurut Rossi, kegagalannya meraih podium lebih dikarenakan faktor energi, bukan motor.

“Saya cukup kuat, saya bisa bertarung. Hari ini Ducati sangat bagus karena bisa menggunakan ban belakang medium. Bagi kami, dengan Yamaha, kami harus menggunakan ban belakang hard, dengan grip sedikit kurang. Namun, bagi saya pribadi masalahnya adalah kondisi fisik saya, karena di lap terakhir saya tidak mampu berbuat banyak karena sudah [kelelahan].”




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *